Untukmu Medco, Tanah Kuserahkan


Auuuggghhh…, hahaha…, bajingan tengik (kata temanku)

Temanku ini pasti kaget…, kalo tidak ia heran dan sedikit bingung…,

….likin…, ya, jawabku dari sebuah siemens tua…, 45 ribu per meter persegi…, atau 45 rupiah ?

…akupun menjadi ikutan bingung seperti temanku…, sambil ku buka kembali lembar-lembar usang pada siemens, aku mengecek lagi…, apakah aku salah memencet tombol-tombol hp ku…, sehingga 45 rupian menjadi 45 ribu. Ternyata tidak, sebab siemens belum mampu untuk menipu “likin”…, yang aku tulis itu mememang benar PT Medco membeli tanah saudaraku seharga 45 rupiah per meter persegi…, sesuai dengan nilai pembelian tanah seluas 13.850 hektar.

…sambil tersenyum simpul, aku sadar bahwa temanku yang sering kupanggil “si badung” belum tau. Bahwa kalau dia juga mau membeli tanah di dunia dengan harga sangat murah, yaaa… datang saja ke Papua.

…temanku ini orangnya menurutku, suka kasian sama saudara sebangsa, apalagi yang namanya manusia satu dunia, orangnya humanis. Kemudian ia mengirim sms lagi ke aku… “likin, aku muak dengan iklan seperti Cevron di tv, mereka membeli murah dan mendapat untung besar”… Trus, aku mulai bandingkan si badung dengan orang-orang lain di negaraku Indonesia. Eee, biar badung anak ini pintar juga…, mestinya ia ganti si Megawati dulu jadi presiden biar harga jual gas alam cair dari produksi LNG Tangguh bisa lebih untungkan rakyat Indonesia.

Untuk saudaraku satu dunia, perlu sekali aku beritau, bahwa PT Medcopapua Hijau Selaras (Grup MEDCO) telah membeli tanah milik masyarakat adat Papua yang terletak di distrik Sidey, Masni, Manokwari Utara dan Prafi kabupaten Manokwari seluas 13.850 hektar dengan harga tanah 45 rupiah per meter persegi. Tanah dengan luasan tersebut akan digunakan untuk perkebunan kelapa sawit dengan pola perkebunan inti rakyat – PIR.
2506_07m
Harga tanah tersebut kata komandan ku, tidak bisa dipakai untuk membeli sebuah pisang goreng. Karena satu buah pisang goreng biasanya dijual pada daerah-daerah tersebut dengan harga 500 – 1000 perak. Hehehe kali ini temanku si badung pasti lebih heran lagi.

…sambil terus senyum simpul (kata temanku “likin itu suka tebar pesona – TP). Aku lalu balas smsnya lagi,  “dulu (tahun 1997) Pertamina membeli tanah di Teluk Bintuni miliki marga Soway, Wayuri dan Simuna suku Simuri  seluas 3.266 hektar dengan harga 15 rupiah per meter persegi untuk keperluan pembangunan kilang gas LNG Tangguh – British Petroleum”.

Tuhan…, apakah benar bahwa kekayaan alam di negeriku Papua akan menjadi malapetaka bagi anak-anaknya ? …kalau tanah kami dihargai dengan nilai demikian, berapakah harga yang pantas bagi mereka untuk membeli jiwa kerdil kami ?

Ri…, pada siapa harapan mereka yang kehilangan tanah harus digantungkan, ketika oknum-oknum aparatus negara masih menginginkan Toyota, Mitsubishi, Ford sebagai tunggangan. Dan orang-orang pintar masih mengais sebiji padi.

6 thoughts on “Untukmu Medco, Tanah Kuserahkan

  1. Likin kepada siapa mereka berharap atau tergantung adalah pada kekuatan mereka sendiri, mereka yg harus bersatu melawan ketertindasan mereka, dengan cara berorganisasi, gak butuh kok orang pintar tetapi jika satu dua orang sudah sadar akan ketertindasan ini sudah cukup kok, nanti yang lain akan ikut,dan ada peran media untuk mempublikasikan bisa lewat berbagai macam cara, karena persoalan mereka adalah persolan semua orang, “TAKUT”, jangan takut tapi itu manusiawi, “tunduk ditindas atau bangkit melawan, karena diam adalah sesuatu penghianatan”, kita buat sadar negara jangan bersandar pada antek kapitalis, tetapi kita bisa berdiri sendiri dan lebih sejahtera, karena masyarakat kita sebetulnya gak menginginkan hal yang terlalu jetset dan mewah kok, mereka mau hidup sejahtera dan adil. Untuk likin sekecil apapun kita bekerja u masyarakat itu sangat berharga kok…..

  2. Memang sangat memprihatinkan. Saya juga membahas tentang masalah ini di blog saya. Kalau Anda sempat berkunjung, ada beberapa artikel tentang masalah itu. Tapi jangan kaget kalau ada gambar-gambar sensual di sana. Itu hanya strategi untuk menarik blogger supaya mau membaca artikel lain yang lebih serius dan membosankan.

  3. Kalau hal itu demikin pt metco mencri k,untngan di atas pendrtaan orang papua,tu buah dari si iblis yg akan mendapat tempt yg indah di neraka

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s