JOURNEY of BATANG DUA ISLAND (Part One)


Twilight at Batang Dua IslandBatang Dua oh Batang Dua

Pertama mencari pulau Batang Dua di peta, sampai mata merah tdk ketemu juga, huft….

Ternyata pulau ini terdata sebagai pulau Mayau, masuk dalam administratif Kota Ternate. Napa dinamakan pulau Batang Dua? Sampai saat ini belum mendapat jawaban.

Perjalanan ke Batang Dua bisa melewati pelabuhan Bitung (yang lebih dekat) atau Ternate.

Perjalanan ini dimulai dari Manado ke Ternate bersama 2 orang teman (nona+icon) dan mener Jengki (total jendral 2 perempuan + 2 laki-laki) menginap semalam d rumah nona (ngirit, J ). Selanjutnya ke Batang Dua dengan menumpang kapal feri. Ternyata perjalanan yg harus ditempuh selama 14 jam, wuih…. Kapalnya oleng kesana kemari, padahal menurut penumpang lain yg berasal dari derah sana, sekarang Batang Dua dalam keadaan tenang (haaaaaa…bagaimana kalau lagi bergelombang???). nona terpaksa minum antimo karena mabok laut (hehehe) padahal dia anak seribu pulau. Tenang aja abang fatih & ade dzaky mama tidak akan membuat malu kalian (mama tetap tegar walaupun ombak menghadang, hahaha).

Sampai di pelabuhan Batang Dua pukul 00.30 wit. Masih dalam keadaan mengantuk, kami harus turun dari kapal dan diberi pilihan untuk melewati jalan darat (menggunakan ojek) atau lewat laut (menggunakan perahu motor atau biasa disebut ‘bodi’) untuk sampai ke rumah teman kami (icon). Melihat kondisi daerah Batang Dua yang gelap (listrik belum masuk, hanya menggunakan genset yang akan dimatikan pada pukul 22.00 wit) saya lebih memilih lewat jalur laut, sedangkan nona milih naik ojek (hiii…takut…).  Sesuai kesepakatan, kami semua naik ‘bodi’, dengan beberapa penumpang lain + bahan makanan.  Sebelum bertolak, juragan (orang yang mengemudikan bodi) mengambil batu di pantai (mereka percaya akan dilindungi oleh penjaga laut). Berdasarkan penuturan penumpang lain, bahwa pelabuhan tempat kami berlabuh tadi merupakan daerah keramat (sehingga dinamakan “kelurahan KERAMAT”).

Perjalanan laut dimulai lagi…. Di naungi oleh cahaya bulan separo (wuih… coba kalo ada ayah, maksud lho???) kami mengarungi lautan. Sesampainya di tanjung, ‘bodi’ oleng dihantam ombak, nona berteriak: “ohhh…bodi mo ta bale (‘bodi’ mau terbalik), saya hanya tersenyum mendengarnya, dalam hati nih anak seribu pulau kok takut ama ombak segini??? (bukannya takabbur, tapi daripada teriak2 mending dzikir, iya khan??).  jadi setiap kali ombak datang, saya akan menakutinya dgn berkata: “napa, ombak so datang” (itu, ombak sudah datang)., dan lagi-lagi nona akan menjerit, (jangan ditiru ya nak?).  apalagi ketika tiba-tiba mesin mati dan ombak menerjang kami (wuih…serem).

Tak lama kemudian kami sampai kami sampai di tempat tujuan, tapi bodi berlabuh agak jauh dari pantai, so… kami turun dgn cara dipikul (huhuhuhu). Akhirnya, sampai juga… di kelurahan Lelewi kecamatan Mayau (Batang Dua).

Awal hari di kelurahan Lelewi…..

Perkenalan disana sini, hehehe berasa jadi artis (huahahaha). Siang hari di Lelewi panasnya bukan main, mencapai 36 0C dan kelembaban udara 50%, kebayang kan panasnya dan sangat kering, so.. siang hari kami tidak bisa tidur.

Jadilah jiwa petualang mama muncul (apa? tak mungkin lah mama sayang). Dengan berbekal kamera petantang petenteng jepret sana jepret sini (tak mungkin menyamai ayah L). Kritik hasil jepretan mama ya ayah sayang.

Dua hari setelah sampai, kami mulai mematangkan rencana untuk ke Tanjung menangkap dan mengambil sampel penelitian. Peralatan dan bahan disiapkan begitu pula dengan BAMA.  Rencananya kami akan menggunakan ‘bodi’ kesana, tapi melihat kondisi laut yang tidak memungkinkan akhirnya kami harus lewat jalan darat menggunakan motor. Padahal dengan ‘bodi’ lebih dekat dan kami tidak harus berjalan kaki naik turun gunung untuk sampai ke Base Camp. Huft…….apa mau dikata???

One thought on “JOURNEY of BATANG DUA ISLAND (Part One)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s