“Perbedaan itu Indah”


Banyak orang terperangkap dalam lingkaran pernyataan, “PERBEDAAN ITU INDAH”…, namun akhirnya mereka mengatakan bahwa perbedaan itu menjadi salah satu sumber penyebab munculnya perdebatan dan pertikaian.

Pernyataan itu hanya bisa dipahami secara baik, bila kita mau belajar untuk bijaksana memahami perbedaan. Kehidupan ini sudah diciptakan oleh Tuhan dengan dua sisi yg saling berlawanan wujud dan sifat, tapi saling melengkapi maksud dan manfaat. Hanya dengan sebab panas, maka kita tahu dingin. Begitu pun sebaliknya….; Hanya dengan sebab kering, maka kita tahu basah. Begitu pun sebaliknya; Hanya dengan sebab gelap, maka kita tahu terang. Begitu pun sebaliknya; Hanya dengan sebab salah, maka kita tahu benar. Begitu pun sebaliknya… dst.

Perbedaan tak mengharuskan kita mengambilnya secara utuh, karena hakikat perbedaan sebenarnya mengajarkan kita untuk tetap teguh dan jujur menunjukkan identitas diri kita sendiri yang berbeda, tanpa ikut-ikutan latah untuk meleburkan diri ke dalam arus utama pemikiran…”bahwa perbedaan itu indah.”

Intinya, bagaimana kita bisa menggunakan potensi diri untuk mengelola secara baik perbedaan-perbedaan yang dihamparkan oleh kehidupan.

Bila perbedaan bukan sesuatu yang indah, apakah kesamaan (homogenitas) kehidupan adalah sesuatu yang indah? Pahamilah, satu hal yang berbeda, tidak bisa berdiri sendiri tanpa hal lain yang berbeda juga. Usaha-usaha untuk membuat kesamaan dan perbedaanlah yang menyebabkan lahirnya banyak masalah. Bukan substansi maksud dan manfaat “perbedaan” dan “kesamaan.”
Harusnya kita mau membebaskan diri dari terjerumus ke dalam pusaran “permainan kata”…🙂 dan kemudian lebih memahaminya secara semantik.

One thought on ““Perbedaan itu Indah”

  1. “Perbedaan Itu Indah”

    Apa kabar saudaraku? Lama tak ada kabar berita darimu. Semoga engkau selalu dalam lindungan-Nya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s