Jurnalisme warga


Kecerdasan warga tidak bisa hanya diukur dari seberapa banyak ia membaca berita di surat kabar. Tetapi juga dari kemauan dia memberitakan dinamika sosial yang terjadi di sekitar pemukimannya secara faktual.

Menjadi hal yang benar, bila konsepsi pemikiran “warga sendiri yang menjadi objek dan subjek berita”, diterjemahkan dalam bahasa aplikatif yang sederhana agar mudah di pahami oleh masyarakat.

Sebab kita tak bisa berharap banyak dari para jurnalis dan media pers untuk menyajikan informasi yang jujur, berimbang, dan membebaskan. Harapan untuk mencerdaskan masyarakat semakin menipis , ketika kebebasan pers yang dikatakan sebagai salah satu pilar demokrasi, lebih banyak dimanfaatkan oleh birokrasi pemerintahan dan pemilik modal untuk kepentingan mereka sendiri.
Terdapat beberapa alasan yang mendasari lahirnya Jurnalisme Warga (Citizen Jornalism):
  1. Media utama/media primer memihak bukan kepada warga
  2. Kebutuhan publik (warga) untuk mendapatkan informasi yang berbeda

Dalam Jurnalisme Warga, isi (content) adalah hal yang paling diutamakan. Faktor media dan alat adalah hal yang di nomor duakan. Hal ini dimaksudkan agar warga yang memiliki keterbatasan alat dan mengakses media utama/primer dapat menggunakan solusi-solusi alternatif untuk memberitakan diri dan dinamika lingkungannya kepada orang lain/publik. Aturan-aturan baku dalam dunia jurnalistik pun “sedikit ditiadakan”. Prinsipnya, tata aturan dalam dunia ini dibuat sedemikian rupa agar tidak sampai mematikan inisiatif-inisiatif di masyarakat untuk mengabarkan berita.

——————————-

Sumber gambar: http://www.canberra.edu.au

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s