KELOMPOK SEJUK: Berpikir dan Bertindak “Out of the Box”


Kelompok Sejuk dalam hal ini, berusaha belajar untuk berpikir “Out of the Box”. Kemaun ini bukan bermaksud untuk gagah-gagahan atau biar terlihat unik. Tetapi tuntutan dinamika persoalan dan realitas yang ada. Bahwa pemikiran-pemikiran arus utama terbukti tak mampu menjawab banyak persoalan kekinian.

Banyak masalah lama yang kembali terjadi sekarang dengan konteks dan pelaku berbeda. Olehnya tidak bisa dipecahkan dengan pendekatan umum. Pendekatan kadaluwarsa tidak bisa menjawab masalah kekinian. Karena meski substansinya sama, tapi pelakunya berubah. Atau pelakunya sama, tapi pembentuk masalahnya baru.

Agar tidak selalu dibilang asing, aneh, kurang kerjaan, dan diskusi liar, Kelompok Sejuk melakukan diskusi tidak formal. Yaitu diskusi di luar jam kerja dan tidak dengan orang-orang yang merasa nyaman dan mapan dengan pikirannya sendiri. Diskusi santai dengan merokok, ngopi, menyanyi, dan bercanda. Kadang diisi dengan berbagi cerita tentang masalah pribadi, kondisi keluarga, dan mimpi-mimpi hari tua.

Mau menjadi pribadi yang berpikir terbalik, maka kita harus siap menjadi yang terasing. Dan menerima kenyataan dikeluarkan dari tempat di arus pemikiran utama. Justru di sinilah tantangan kita untuk mempengaruhi arus utama. Menjadikan pikiran kita sebagai pembanding pikiran mereka. Atau memberikan warna lain dalam gerakan pemikiran-pemikiran kekinian.

Suka melakukan hal-hal biasa dan umum bukan perilaku salah. Begitu pun sebaliknya melakukan yang tidak umum dan tidak biasa bukan perilaku aneh dan asing. Keduanya memiliki alasan tersendiri tergantung orangnya. Sebab setiap orang memiliki pilihannya sendiri dan berhak atasnya.

Anda pasti tahu apa yang dimaksud dengan berpikir di luar kotak – atau “Think Out of the Box”. Suatu cara berpikir atau bentuk pemikiran yang tidak umum dan tidak biasa. Pemikiran yang berani menantang kebiasaan berpikir konvensional. Atau pemikiran yang melawan arus utama pemikiran manusia pada umum.

Dibutuhkan kreatifitas dan inovasi yang cukup untuk bisa berpikir di luar kotak. Ini menandakan bahwa seseorang yang mau berpikir demikian, harus membiasakan dirinya untuk terus belajar memahami sesuatu dengan sudut pandangnya sendiri. Sudah tentu pemahamannya dibangun dengan berbekal pengalaman dan pendekatan rasionalitas yang teruji dan orisinil.

Berpikir di luar kotak tidak menerima sikap suka berbantahan – berdebat liar atau menyatakan argumen tanpa dasar. Apalagi menyatakan pikiran dengan tujuan mengalahkan pikiran orang lain. Tidak bertujuan menguasai dan melemahkan pikiran-pikiran arus utama. Tetapi menyampaikan sudut pandang berbeda dan argumentasi lain di luar – atau berbeda dengan apa yang telah disampaikan khalayak umum.

Bentuk pemikiran ini tidak harus terlihat rumit dan kaya unsur akademik. Atau memasukkan seribu satu argumentasi dan dalil-dalil ilmiah. Simple, brief, dan clear adalah landasan utama dalam bentuk pemikiran ini. Pemikiran ini menentang pengungkapan masalah dan penyelesaiannya yang meniadakan fakta dan tidak memiliki realitas. Hubungan sebab akibat dan saling mempengaruhi antar unit-unit pembentuk masalah dan pembentuk solusi selalu dilihat sebagai satu kesatuan. Tidak mengada-adakan sesuatu yang tidak memiliki dasar prinsip ilmiah.

Tidak susah berpikir di luar kotak. Asalkan kita mau tampil sebagai pribadi yang lain – berbeda dengan orang lain, tapi normal pada berbagai hal di kehidupan sehari-hari. Kita terus melatih otak berpikir, suka mencoba hal baru, tidak takut gagal dan ditolak, dan tidak meremehkan potensi diri kita.

Ada dua hal penting yang harus dibiasakan agar bisa berpikir di luar kotak. Pertama, mengajari diri untuk tidak ikut-ikutan pemikiran orang lain; dan Kedua, meninggalkan pemikiran-pemikiran umum yang mapan dan nyaman.

Berikut beberapa hal bisa dilakukan dalam berlatih Think Out of the Box. Ini hanya pengalaman pribadi, sudah tentu akan berbeda dengan orang lain:

1). Berpikirlah Terbalik

Dimulai dengan merubah pemikiran-pemikiran anda hasil adopsi pemikiran orang lain atau pikiran umum yang biasa anda gunakan di rumah atau di kantor.

Contohnya: bila di rumah dan di kantor, sudah jadi kebiasaan umum, orang memahami sarapan adalah minum the dan kopi sambil bercerita dengan keluarga dan sejawat. Maka anda berpikirlah untuk minum segelas air putih dan membaca koran sambil disela dengan ngobrol🙂

2). Hargailah Kemampuan Otak Anda

Hanya anda yang paling paham otak anda berisi apa saja. Anda paham apa yang anda tahu dan tidak tahu. Anda sendirilah yang tahu kapan harus belajar dan kapan mengistirahatkan otak dari berpikir serius.

Bila selama ini anda menyelesaikan sesuatu dengan mengikuti petunjuk dan arahan orang lain, maka rubahlah. Berpikirlah untuk melakukannya dengan menggunakan hasil pikiran anda sendiri J

3). Tulislah Ide dan Gagasan Anda

Terkadang kita tidak sadar bahwa kita memiliki ide dan gagasan cerdas dan brilian dalam hal tertentu. Namun kita melupakanya, karena suka memuji dan menyanjung gagasan orang lain.

Situasi ini terjadi karena kita melupakan ide dan gagasan kita. Agar tidak lupa lagi, cobalah untuk menuliskannya secara baik di diary atau komputer berdasarkan topik dan urutan waktu.

Saya yakin, bila anda rajin menuliskannya, suatu saat nanti anda akan sadar, bahwa anda memiliki ide dan gagasan cerdas dan brilian. Setelah anda sadar, anda akan berusaha untuk menggunakan ide dan gagasan itu🙂

4). Jangan Takut Gagal

Tidak ada satu pun keberhasilan terencana tidak mengalami kegagalan. Kalaupun tidak terjadi, maka itu keberuntungan namanya. Keberhasilan yang anda tidak rencanakan.

Ide dan gagasan kreatif harus diterapkan dalam aktifitas keseharian. Sebab hidup tidak hanya untuk berpikir, tapi juga melakukan. Semakin sering anda gagal, bukti bahwa anda bersungguh-sungguh melakukan sesuatu. Dan semakin anda bersungguh-sungguh, maka keberhasilan telah siap untuk anda genggam. Kegagalan adalah guru yang mengajari anda tentang arti penting sebuah kesungguhan dan harapan🙂

5). Harus Selalu Mencoba

Hidup adalah melakukan sesuatu – belajar atau mencoba melakukan sesuatu. Dengan percobaan-percobaan yang terencana dan memiliki kekuatan dasar berpikir akan melahirkan karya-karya besar.

Diri kita dan lingkungan sekitar kita adalah laboratorium kehidupan. Dan kita sendirilah adalah peneliti dan motivator yang tekun mencoba menciptakan ide dan gagasan besar yang mempengaruhi dunia.

Dengan berani mencoba hal baru, kita akan semakin memahami kekuatan dan kelemahan kita. Kita menjadi percaya diri, dan tidak mudah dirapuhkan oleh akibat kegagalan🙂

6). Diri dan Lingkungan Anda adalah Sumber Inspirasi

Ide dan gagasan cerdas dan brilian tidak dijual atau jatuh dari langit. Tetapi diciptakan oleh manusia – oleh kita sendiri.

Apa yang menginspirasi kelahirannya? Diri kita sendiri dan lingkungan tempat tinggal kitalah sumber inspirasi itu. Pikiran dan hati kitalah yang merangkum bahan-bahannya, mengolahnya, dan kemudian mewujudkannya dalam pemikiran yang dinyatakan.

Olehnya, pemikiran di luar kotak akan sulit dilakukan oleh orang apatis. Dan orang yang tidak peka dengan lingkungannya dan menyembunyikan diri dari realitas sosial.

Berpikir di luar kotak, bukanlah bentuk pemikiran tanpa dasar dan asal-asalan. Tetapi lahir dari kesadaran logis, bahwa kita harus memberikan pemikiran pembanding atau pemikiran orisinil tentang sesuatu. Urusan orang lain mau terima atau tidak, itu soal lain. Yang penting adalah potensi otak termanfaatkan maksimal dalam banyak hal.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s