TIPS SEDERHANA MEMILIH dan MEMBACA BUKU


Buku adalah gudang ilmu. Dengan gemar membaca buku kita akan mengetahui banyak hal baru. Atau lebih memahami suatu hal yang awalnya telah kita ketahui. Ini membuat membaca menjadi dasar utama dalam belajar selain menulis. Hanya dengan tahu membaca, maka kita tahu menulis.

Pentingnya membaca buku membuat lahirnya ungkapan populis yang berbunyi demikian, “Buku adalah jendela dunia.” Ungkapan ini saya lengkapi menjadi, “Buku adalah jendela dunia, dan membacanya adalah kunci membuka jendela dunia.”

Cerita dengan beberapa teman, ada satu dua orang yang bilang, “saya tidak begitu suka membaca.” Pernyataan ini membuat saya berpikir, kenapa bisa begitu. Setelah di telusuri, ternyata masalah itu terjadi karena tekniknya membaca buku yang salah. Hal ini mengakibatkan timbul rasa bosan dan jenuh dalam membaca.

Ada beberapa hal utama yang mendasari seseorang memilih membaca suatu buku.  Kalau bukan dimulai dengan judul buku yang menarik, dimulai dengan membaca sinopsisnya. Ada juga yang membaca buku yang direkomendasikan orang lain.

Kalau aku lebih suka membaca buku dengan mempelajari daftar isinya, membaca kata pengantarnya, dan memilih penulisnya. Bagiku, nama besar penulis selalu menjadi acuanku dalam memilih buku bacaan. Sebab aku memiliki referensi tentang penulis, baik itu penulis buku fiksi, fiksi ilmiah, ilmiah, non fiksi, maupun sastra.

Berikut saya bagikan pengalaman saya dalam memilih buku dan membaca buku. Bila anda punya pengalaman lain, silahkan dibagikan🙂🙂

Kita mulai dengan tips memilih buku:

1. Pilihlah buku yang anda butuhkan. Saya pribadi telah membagi tiga jenis utama buku sebagai bacaan saya, Filsafat, Sastra, Agama, dan Sejarah. Dengan empat kategori ini, saya akan memilih buku apa yang mau saya beli atau pinjam. Di luar keempatnya, tidak akan saya beli atau pinjam. Jadi pilihlah buku berdasarkan hal-hal yang anda sukai dan butuh. Dan tidak membeli buku mengikuti trend umum.

2. Pilihlah buku yang penulisnya anda pahami alur berpikir dan gaya bahasanya.  Sebagus apapun buku, bila kita membacanya seperti berada di ruang gelap dan tidak memahami alur ceritanya, akan menjadi membosankan. Tapi bila kita telah mengetahui karakter dan gaya bahasa penulisnya, buku tersebut menjadi asik kita baca.

3. Pilihlah buku dengan membaca lebih dulu daftar isi, kata pengantar, dan sinopsisnya. Dengan membaca daftar isi, maka kita akan tahu bagian-bagian utama yang membentuk cerita dan mengetahui alur bahasannya. Kata Pengantar adalah bagian penting dalam buku, terlebih buku berkategori ilmiah atau dari hasil riset. Sebab ia ditujukan untuk mengantar pembaca ke tiga hal utama: Latar belakang, Isi, dan Kesimpulan. Sedangkan sinopsis (biasanya ada di sampul belakang), berisikan ikhtisar buku.

4. Jangan memilih buku berdasarkan ketebalan halaman dan sampul yang menarik. Buku tebal tidak selalu kita butuh. Sampul buku menarik tidak selalu mencerminkan isi buku berkualitas. Tapi pilihlah buku sesuai keingintahuan anda terhadap informasi dan ilmu yang terdapat di dalamnya.

Tips membaca buku:

1. Bacalah buku dari bagian yang anda sukai. Tanpa melihat tebal tipisnya sebuah buku, bila itu buku baru, carilah di daftar isi bab-bab yang anda sukai. Kemudian bacalah dengan baik sampai selesai. Buku yang tidak berjenis “Capita Selecta”, biasanya memiliki alur yang runut. Sehingga bila anda telah membaca satu dua babnya yang anda sukai, anda akan tertarik untuk membaca bagian lainnya.

2. Bacalah buku dari bagian yang anda ingin ketahui. Teknik ini biasa saya pakai untuk membaca buku tebal atau buku ilmiah –  atau buku referensi – Textbook. Dan bukan novel. Rata-rata buku jenis ini memiliki jumlah halaman isi antar 300 sampai lebih dari 500 halaman. Jenis buku ini meskipun bab-babnya memiliki hubungan, tapi masing-masing babnya berdiri sendiri sesuai konteks bahasannya.

3. Bacalah buku sesuai keinginan anda membaca. Karangan fiksi berbentuk novel, baik klasik maupun fiksi ilmiah, memiliki alur cerita yang tak bisa dipisah bab-babnya. Namun membaca novel dengan jumlah lebih dari 300 halaman, membutuhkan waktu dan kemamuan (suasana hati dan pikiran) yang mendukung. Olehnya, kita tidak boleh memaksa diri untuk membaca sekaligus selesai. Bila anda mau membaca, membacalah; bila dalam membaca kemauan membaca anda menurun, berhentilah; dan bila anda tidak punya keinginan membaca, jangan membaca.

4. Buatlah tanda pengingat pada bagian terpenting. Setiap bagian buku memiliki keistimewaan tersendiri bagi kita. Baik isi kalimatnya, jalan ceritanya, atau pesannya. Biasakanlah diri anda memberi tanda pada bagian-bagian itu. Bisa dengan menggunakan alat pembatas, atau juga dengan stabilo dan pensil. Jangan melipat lembaran buku. Jangan takut mencorat-coret buku anda, selama coretan itu memiliki arti penting bagi anda. Karena buku yang bersih dan mulus, mengindikasikan buku itu jarang dibaca dan hanya menjadi pajangan semata.

5. Tetapkan waktu membaca anda dalam sehari. Aku telah menetapkan jadwal membacaku setiap hari. Dalam satu hari aku membaca selama 3,5 jam: 30 menit selesai sarapan, satu jam pada istirahat kantor (30 istirahat siang – 30 menit istirahat sore), 1 jam setelah makan malam, dan 1 jam sebelum tidur. Atau carilah tempat, waktu, dan suasana yang mendukung anda membaca. (Heheheee….. waktu SD, saya suka membaca Cersil – Komik di atas pohon jeruk atau pohon kelapa di belakang rumah, atau di pinggir pantai, biar tidak diganggu atau di suruh orang tua. Sekarang saya membaca sambil dengar musik).

6. Buatlah resensi buku. Meresensi buku adalah hal terpenting untuk seorang pembaca buku. Dengan meresensi buku, anda memberikan gambaran kepada orang lain tentang nilai sebuah buku. Hal lainnya, anda memberikan pesan kepada orang lain tentang pemahaman anda terhadap buku yang anda telah baca. Dengan menyampaikan resensi, anda telah menceritakan tuntas satu isi buku. Tetapi bila anda tidak mau membuat resensi buku, itu hak anda.

Demikian tips-tips sederhana tentang memilih dan membaca buku dari saya. Semoga bermanfaat…🙂

~~ BERSAHABAT DENGAN BUKU dan BERCINTA DENGAN ILMU ~~

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s