“PERNIKAHAN” Gambar dan Kata


Sejatinya “Gambar” dan “Kata” adalah simbol. Simbol yang bersumber dari realitas atau pun imajinasi yang terproses dari pengalaman empiris. Oleh karenanya masing-masing memiliki pesan dan maknanya tersendiri.

Asal mula pembentukan simbol, visualisasi materi atau benda dalam bentuk gambar lebih dulu muncul daripada kata – tulisan. Tulisan (teks) baru dikenal manusia setelah ada bahasa berbentuk ujaran.

Baik gambar atau kata, tak pantas dibenturkan maknanya. Apalagi sampai mengatakan salah satunya lebih unggul daripada yang lain dalam menyampaikan pesan dan mengandung kedalam arti.

Karakter gambar terletak pada visualisasi, sedangkan karakter kata adalah teks – ucapan – ujaran. Gambar tidak bisa berdiri sendiri tanpa bantuan kata untuk menjelaskannya. Dan kata pun tidak bisa gamblang menyatakan pesan, bila tak ada gambar yang memperkuat kandungan artinya. Intinya kekuatan gambar dan kata terletak pada menyatukan fungsi keduanya.

Kekuatan gambar adalah visualisasi aneka objek yang ditampilkan dalam satu pembingkaian terpilih. Kemudian diikuti terbukanya ruang lebar bagi orang yang melihatnya untuk menafsirkan. Sedangkan kekuatan kata bila tersusun menjadi kalimat, ada pada intonasi, ritme (irama), dan tafsir yang terukur.

Ketika gambar telah selesai dibuat, dan kemudian gambar itu ditampilkan, maka sebab yang mendasari penciptaannya dan maknanya tidak lagi menjadi milik atau mengikuti maksud pembuatnya. Tapi mengikuti penafsiran orang yang melihat. Begitu pun sama halnya dengan kata. Pesan simbolik dari gabungan dua suku kata atau lebih yang telah membentuk wacana bisa saja berlainan artinya di pemahaman pembaca.

Pesan gambar memiliki ruang bias yang lebih besar daripada kata – atau gabungan dua suku kata. Apalagi bila terbentuk dari lebih dua tampakkan objek, dua gradasi warna, dan dua bentuk cahaya yang saling berkontradiksi. Kata pun memiliki persoalan yang sama, bila gabungan beberapa kata tidak ditempatkan mengikuti struktur pembentukan kalimat yang baik.

Meskipun gambar dan kata memiliki keunggulan dan kekuatannya masing-masing dalam pemaknaan dan penyampaian pesan, namun lebih lengkap bila fungsi keduanya dipadukan. Ada gambar dan ada sebaris kalimat atau uraian singkat untuk menjelaskannya.

Menikahkan “Gambar” dan “Kata” bertujuan memperkuat maksud dan pesan dari salah satunya atau gabungan keduanya. Dimaksudkan agar inti pesan yang dimaksudkan pembuatnya dan yang melihat – membacanya tidak memiliki perbedaan substansial yang besar. Sebab menilik fungsi keduanya sebagai simbol komunikasi adalah tersampaikannya tujuan dari pembuat simbol dan mengertinya penerima simbol.

Hasil dari pernikahan Gambar dan Kata melahirkan maksud yang jelas dan tujuan yang benar…! Dari satu gambar bisa lahir ribuan makna, dan dari gabungan dua suku kata atau lebih bisa jelas menyatakan maksud🙂🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s